SMAN 1 Bintan Pesisir: Makna Dibalik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Selasa, 13 Desember 2017 SMA Negeri 1 Bintan Pesisir mengadakan kegiatan keagamaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini diselenggarakan oleh anggota OSIS dan dihadiri oleh para siswa dan dewan guru SMA Negeri 1 Bintan Pesisir. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dan dalam kesempatan ini yang menjadi peceramah adalah Bpk. Untung.
Sebelum berlangsung ke acara inti, terlebih dulu dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dilantunkan oleh Lutfira dari kelas XI MIPA dan Sindi dari kelas X MIPA. Kemudian berlangsung ke acara inti, yakni tausiyah yang dibawakan langsung oleh Bpk. Untung dengan mengusung tema "Makna Dibalik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW."
Nabi Muhammad SAW diturunkan ke bumi oleh Allah SWT yakni untuk menjalankan tugas mulia bagi seluruh umat di dunia ini. Beliau mengemban tanggungjawab dan perubahan besar bagi umatnya. Adapun tujuan pertamanya yakni mengantarkan umat manusia dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang. Beliau juga sebagai pemberi rahmat seluruh alam, penyempurna akhlak dan agama, menjadi suri tauladan, serta menjadi penutup para Nabi dan Rasul.
Terbukti, Beliau berhasil membawa dan mengubah orang-orang yang hidup pada zaman jahiliyah menjadi lebih berakhlak mulia, saling menyayangi dan mengasihi, serta beriman. Keberhasilan yang begitu gemilang ini dikarenakan adanya beberapa faktor, seperti kepribadian Nabi Muhammad SWA yang sangat sempurna, membawa risalah atau ajaran agama yang juga sempurna (alamiah, insaniah, tidak radikal, cocok disegala zaman, unlimited), dan dekat dengan pertolongan Allah SWT.
Intinya, dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diharapkan kita semua bisa mengenang sejarah kelahiran dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian kita akan semakin tahu dan tidak akan lupa tentang sejarah dari junjungan kita umat muslim sedunia yakni siapa lagi kalau bukan Baginda Nabi Muhammad SAW. Kemudian yang kedua, dapat menumbuhkan rasa cinta kita semua umat muslim kepada Rasulnya yakni dengan mengimaninya. Berikutnya, menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Jadilah umat Nabi Muhammad SWA yang setia hingga akhir zaman supaya kelak kita semua mendapatkan syafaat dari Beliau. Amin... (Anggi Perdana, S.Pd./ GGD Kepulauan Riau)

Sudahkah kita menyempurnakan amalan Agama kita?
Mari berintrospeksi diri!





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMAN 1 Bintan Pesisir: Makna Dibalik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW"