Anisa, S.Pd: Qurban untuk Memperingati Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Oleh: Rahma (XI MIPA)


Hallo, kawan-kawan seperti yang kita tau kemarin kita telah mengadakan kurban. Apakah kalian mengetahui apa itu kurban?. Kali ini tim mading Rahma, Reni, dan Junindra akan mewawancarai guru agama kita loh yaitu bu Anisa, S.Pd.  Berikut petikan laporannya.
1. Di Bulan Dulhijah ini kitakan selalu mengadakan kurban apa sih bu yang  dimaksud dengan kurban ?
Kurban adalah menyembelih hewan, seperti kambing, unta, domba, dan sapi. Kurban itu dijelaskan dalam Al-Qur’an untuk mengenang kisah nabi Ibrahim dan Ismail.
2. Sebenarnya apa si bu  syarat dari hewan kurban ?
Syaratnya yang pertama, hewan kurban tersebut harus sehat berarti hewan tersebut tidak kurus dan tidak mempunyai penyakit, yang kedua hewannya tidak boleh anak kambing maksudnya hewan tersebut harus berumur 1 tahun keatas.
3. Apa yang bisa kita dapatkan dari berkurban ?
 Yang bisa kita dapatkan adalah dengan melakukan kebaikan melalui bersedekah, setelah itu kita dapat mengetahui uang yang kita dapatkan dari Allah dapat kita lihat dengan kita berkurban, dan juga bisa menjalin silaturahmi.
4. Untuk menyembelih kurban tentunya mempunyai  tata cara sendiri seperti apa tata cara itu ?
Dalam melakukan penyembelihan kurban, yang pertama mengucapkan takbir dan menyebut nama orang yang berkurban, yang kedua pisaunya harus tajam, dan yang ketiga membaringkan hewan yang dikurbankan ke arah kiblat.
5. Bagaimana bu sejarah dari kurban ini  ?
Pada tanggal 10 Dzulhijah memperingati kisah nabi Ibrahim dan Ismail. Nabi Ibrahim bermimpi bahwa Allah SWT menyuruh ayah nabi Ismail menyembelih putranya.
6. Siapa saja yang berhak menerima hewan kurban ?
Yang berhak menerima hewan kurban adalah kalangan orang yang tidak mampu seperti fakir miskin, musafir dan kaum duafa.
7. Hikmah apa yang terkandung dalam penyembelihan kurban ?
Hikmah yang terkandung dalam penyembelihan kurban adalah untuk mengenang kisah nabi Ibrahim dan sebagai satu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari sebagai sabda rasulullah yang bunyinya “hari-hari itu tidak lain adalah untuk makan dan minum serta berzikir kepada Allah SWT. “




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anisa, S.Pd: Qurban untuk Memperingati Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail"