MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM, SMAN 1 BINSIR GELAR ACARA KEAGAMAAN

Pada tanggal 22 september 2017, jumat SMAN 1 Bintan pesisir mengadakan acara tahun baru islam 1439 Hijriah. Acara itu dimulai dengan pembaca ayat suci al-qur’an yang dibawakan oleh Kamarulazi dan sari tilawah oleh Ludfira Eka Putri. Selanjutnya sambutan dari pihak sekolah yang diwakili oleh Bpk. Anggi Perdana S.Pd. dan berlangsung ke acara inti yaitu siraman rohan yang dibawakan oleh Bpk. Muhammad Toha dari SMP N 18 Bintan. Beliau menceritakan banyak hal mengenai bulan muaharam ini, salah satunya mengenai beberapa peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 Muharam.

Bapak Muhammad Toha menceritakan kisah para Nabi yang menjadikan 10 Muharam ini menjadi tanggal yang istimewa. Pertama, kejadian nabi Ibarahim yang dibakar oleh ayahnya sendiri. Ayah Nabi Ibrahim geram karena ibrahim telah menghancurkan berhala-berhala yang ayahnya bangun. Akan tetapi, Nabi Ibrahim diselamatkan oleh allah SWT, Nabi Ibrahim tidak merasakan panas seperti layaknya manusia yang terkena api. Panasnya api tersebut telah dicabut Allah.

Kedua, kejadian yang menimpa Nabi Musa. Pada saat itu, Nabi Musa melarikan diri karena dikejar-kejar oleh Firaun. Allah menyelamatkan Nabi Musa, Allah meminta Nabi Musa membelah lautan dengan tongkatnya. Akhirnya firaun dpun tenggelam di laut merah. 

Setelah acara ceramah selesai, dilanjutkan dengan acara perlombaan yang diadakan oleh teman-teman rohis beserta guru agama yaitu Bapak Santo dan Ibu Anisa. Perlombaan itu tidak lain dan tidak bukan adalah lomba membawakan nama-nama indah allah atau yang kita kenal dengan Asmaul Husna. Tetapi asmaul husna dalam perlombaan ini tidak harus seperti yang dibaca pada setiap hari Jum’at, melainkan memakai alat musik seperti gitar dan gendang.

Perlombaan ini juga dibawakan oleh tiap-tiap kelas dari kelas 10 sampai kelas 12. Suasana dalam perlombaan tersebut sangat amat menyenangkan karena beragam macam cara kita membaca Asmaul Husna. Ada yang menggunakan instrumen,  gitar, gendang,  dan kompang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM, SMAN 1 BINSIR GELAR ACARA KEAGAMAAN"