SMAN 1 BINSIR: Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS 2017

Hai temen-temen, Senin, 25 September 2017, kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) 2017 secara resmi dilantik. Seperti kita tahu, sebelumnya para anggota OSIS tersebut telah melalui serangkaian Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di hari jumat dan sabtu, 22 dan 23 September 2017. Berikut laporan acara tersebut yang dihimpun oleh Andrizal dan Rudi Herdiawan.

Sebelum OSIS dilantik, lazim bahkan wajib hukumnya para calon anggota tersebut menempuh Latihan Dasar Kepemimpinan atau sering disebut LDK. Materinya pun tak sedikit, para peserta sedikitnya menempuh lima materi.

Selepas pulang sekolah, Jumat, (22/9) para peserta diberi materi tentang 4 pilar kebangsaaan oleh Pak Anggi Perdana, beliau menjelaskan bahwa pilar kebangsaaan terdiri dari 4 elemen. Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Pada saat waktu mau pulang para peserta diajak untuk melakukan permainan di lapangan, permainannya adalah apabila instrukstur mengatakan 3 maka harus ada kelompok sejumlah yang dibilang.  Apabila tidak memiliki kelompok maka mendapat kan hukuman. Permainan ini adalah materi kedua dan dipimpin oleh Bu Astriyani.

Keesokan harinya, kegiatan dilakukan hanya di jam sekolah. Materi pertama dan kedua dibawakan oleh Pak Erik Lukito yaitu administrasi OSIS dan Dinamika Kelompok. Setelah itu, langsung disambung oleh Pak Hendra tentang Kepemimpinan. Nah, selesai materi kepemimpinan ini, para peserta langsung dibariskan berhadapan. 

Pak hendra memerintahkan peserta  untuk memasukan baju teman yang ada di depannya. Para peserta kemudian disuruh menutup mata  menggunakan dasi walaupun ada juga yng menggunakan baju. Para peserta langsung dituntun oleh kakak kelas yaitu kelas 12. 

“Tanpa sadar kami disuruh lewat parit yang ada di depan sekolah kami. Kami dituntun oleh kakak kelas kesuatu tempat dengan mata yang masih tertutup lalu kami ditinggalkan. Setelah kami mendengar suara peliuit kami langsung berkumpul dan dibariskan. Pak hendra memanggil yang baju nya tidak kotor,” tutur salah seorang peserta. 

Peserta yang bajunya tidak kotor langsung disuruh tampar oleh teman -teman yang baju nya kotor. Pak hendra langsung menyuruh yang ditampar tadi untuk membalas balik. Pada kegitan terakhirnya kami langsung menyanyikan lagu - lagu nasonal. 

Para anggota osis yang melaksanakan LDK di hari jumat dan sabtu , kemudian dilantik dan disahkan pada hari senin oleh kepala sekolah. Semua anggota  OSIS  baru  dan lama bergabung dilapangan upacara. Prosesi pun dilakukan dengan serah terima jabatan OSIS lama dan OSIS baru.

Pada waktu itu pun ketua osis lama dan baru menandatangani berita acara serah terima jabatan ketua OSIS baru dan OSIS lama. Para anggota OSIS secara bersama-sama bersumpah menjadi anggota OSIS untuk periode 2017 -2018 yang di ketuai oleh Angga Hardika dan wakilnya Sindi.

“SEKIAN DARI SAYA WASALAMMUALAIKUM”  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMAN 1 BINSIR: Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS 2017"