Pulau Penyengat, Pulau Gurindam Dua Belas!

Pastinya kalian tahu kan tentang gurindam 12? Yups, di pulau inilah banyak ditemukan larik-laruk syair gurindam. Pulau ini adalah pulau PENYENGAT.

Pulau Penyengat merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, yang berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota dan berjarak lebih kurang 35 km dari Pulau Batam. Pulau ini mempunyai ukuran cukup kecil, panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter. Siapa yang mau kesana harus berani menaiki pompon dari pelataran samping pelabuhan kapal tepi laut Tanjungpinang. Sekitar 10 menitan kita sudah sampai di pulau penyengat dengan ongkos sekali jalan hanya 7.000 /kepala. 


Sesampainya di sana kita langsung disambut dengan bangunan masjid tua yang berwarna kuning dan ini meruakan salah satu peninggalan bersejarah. Selain itu, ada makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Untuk bisa mengelilingi tempat-tempat bersejarah yang ada di pulau Penyengat dapat ditempuh dengan beberapa pilihan, bisa berjalan kaki, naik becak motor, atau sewa motor. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau Penyengat, Pulau Gurindam Dua Belas!"