Salam para PembaTIK dan calon Duta Rumah Belajar tahun 2021 salam kenal dari admin untuk ssemuanya. Sebelumnya, admin mengucapkan selamat bagi para PembaTIK yang sudah berhasil melaju di level 2 ini dan tetap semangat untuk membaca modul, menyimak video, mengerjakan kuis, membuat tugas best practices/video pembelajaran dan ujian.
Dalam kesempatan kali ini admin hanya ingin berbagi pengalaman mengikuti kegiatan BIMTEK PEMBATIK di tahun 2020 lalu, khususnya untuk di level 2 ini. Admin pun kembali mengikuti PembaTIK di level 2 ini sekarang dan memang ada beberapa materi baru yang pada tahun sebelumnya tidak ada. Namun untuk sebagian besar modulnya setelah di cek masih tidak jauh berbeda dengan modul tahun lalu begitupun dengan latihan-latihannya.
Nah, disini admin akan mencoba untuk berbagi soal-soal latihan yang sepertinya keluar juga di ujian kompetensinya terkait materi-materi yang adap pada modul level 2 PembaTIK 2021 diambil dari soal-soal tahun lalu. Untuk mengetahui apakah masih ada kesamaan soal latihan tahun ini dengan tahun lalu, silahkan sahabat cek soal yang ada di setiap modul level 2 PembaTIK 2021 dengan soal latihan pada bagian di bawah ini.
Pengaruh positif yang diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran adalah
merangsang guru untuk mengaktifkan siswa
merangsang guru untuk meningkatkan kompetensi
merangsang siswa untuk memilih aktivitas pembelajaran
merangsang siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran
D
Sebagai salah satu lingkungan belajar, lab komputer dapat dikategorikan ke dalam komponen
skills
content
resources
learner support
C
Lingkungan belajar tidak hanya terkait aspek fisik, tetapi juga meliputi aspek psiko sosial yang memfasilitasi terjadinya interaksi
antarsiswa, siswa dengan guru, siswa dengan lingkungan
antarsiswa, siswa dengan media, siswa dengan lingkungan
siswa dengan guru, siswa dengan orangtua, siswa dengan media
siswa dengan media, siswa dengan orangtua, siswa dengan lingkungan
A
Perhatikan pernyataan berikut ini!
a Efisiensi waktu dalam pelaksanaan pembelajaran
b Menggantikan peran guru dan tenaga kependidikan
c Mempermudah interaksi antarkomponen pembelajaran
d Variasi media/strategi pembelajaran dapat memperkaya pengalaman belajar
e Meningkatkan prestasi akademis dan pengembangan karakter secara komprehensif
f Mempermudah peserta didik dalam memahami konsep abstrak dan rumit
Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran yang paling tepat adalah
a-b-d-e
a-d-e-f
a-c-d-f
b-d-e-f
C
Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dimanfaatkannya TIK dalam pembelajaran, menurut UNESCO, adalah
meningkatkan kepekaan sosial dan individual
membangun kemampuan memecahkan masalah
mengembangkan keterampilan menggunakan TIK
meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran
A
Elemen berikut ini yang bukan merupakan aspek yang dikelola dalam pengelolaan kelas adalah
persiapan bahan belajar
pengaturan ruang belajar
penetapan kemampuan siswa
penyiapan sarana dan alat peraga
C
Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah
tertib dan teratur
motivasi dan pujian
diskusi dan kolaborasi
rutinitas dan kebiasaan baik
B
Ketika hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah
kekinian teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat
karakteristik siswa, tujuan, dan lingkungan pembelajaran
keaktifan siswa, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah
kondisi sekolah, kemampuan guru, dan kelengkapan fasilitas
B
Dalam pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:
a verifikasi rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
b berikan instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer
c evaluasi kelemahan yang terjadi saat pembelajaran di lab komputer
d identifikasi aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer
e identifikasi keterampilan minimal siswa
Hal yang perlu dilakukan guru di awal, sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah
(a)-(b)-(c)
(a)-(c)-(e)
(a)-(d)-(e)
(b)-(c)-(d)
A
Kolaborasi selain sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupakan bentuk lingkungan belajar yang ditSahabati dengan : (a) siswa belajar dalam kelompok kecil (b) terjadinya transaksi dan interaksi antarguru (c) struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik (d) aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting (e) upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri (f) potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok. Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah
(a)-(b)-(d)-(e)
(a)-(c)-(d)-(f)
(a)-(c)-(d)-(e)
(a)-(d)-(e)-(f)
B
Lingkungan belajar dapat diartikan sebagai “laboratorium” yang idealnya memberi kesempatan siswa untuk bereksplorasi, bereksperimen, dan
mencoba hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat
merancang masa depan melalui serangkaian aktivitas pembelajaran
mengimplementasikan rencana pembelajaran yang berpusat pada siswa
mengekspresikan diri untuk mendapatkan konsep serta keterampilan baru
D
Pengkondisian Lingkungan Belajar dalam pengelolaan kelas ditujukan untuk
mengimplementasikan kegiatan memanfaatkan teknologi
mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran
memastikan prestasi belajar meningkat
memadukan beragam sumber belajar
B
Lingkungan belajar dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif dalam proses pembelajaran. Contoh pengaruh positif yang diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran adalah menstimulas
siswa untuk menyesuaikan kecepatan belajar
siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
siswa untuk mensinkronkan keterampilan
siswa untuk menyiasati keterbatasan
B
Salah satu aspek yang harus diverifikasi ketika akan memanfaatkan lab komputer agar dapat menunjang kebutuhan proses pembelajaran adalah
rasio jumlah guru dengan jumlah siswa
rasio jumlah waktu dengan jumlah siswa
rasio jumlah siswa dengan kuantitas materi
rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
D
Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah
memberi kesempatan siswa untuk berpendapat
memastikan kelas dikelola dengan tertib dan teratur
mengelola pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan
memeliharan rutinitas dan kebiasaan baik yang ada di kelas
A
Amati pernyataan berikut: (a) siswa belajar dalam kelompok kecil (b) terjadinya transaksi dan interaksi antarguru (c) struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik (d) aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting (e) upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri (f) potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok
Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah
(a)-(b)-(d)-(e)
(a)-(b)-(e)-(f)
(a)-(c)-(d)-(e)
(a)-(c)-(d)-(f)
D
Pengelompokan siswa dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui beberapa alternatif, seperti
individual, kasikal, atau mandiri
klasikal, individual, atau kelompok
individual, mandiri, atau kelompok
klasikal, kolaborasi, atau terpimpin
B
Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai maka perlu dilakukan
penetapan tujuan
pengelolaan kelas
pengaturan strategi
pemberian umpan balik
B
Amati pernyataan berikut:
mendorong pemanfaatan TIK untuk seluruh materi pembelajaran sebagai wujud keterbukaan atas kemajuan.
memberikan ruang dan waktu yang cukup bagi guru untuk memfasilitasi proses belajar berpusat pada siswa.
menciptakan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa untuk berada di dalam komunitas pembelajaran.
memberikan rasa nyaman bagi siswa untuk berada di dalamnya dan melakukan aktivitas pembelajaran.
mewujudkan daya saing antara sesama guru untuk menerapkan sebanyak-banyaknya model pembelajaran.
Dampak positif yang timbul dari pengelolaan kelas yang tepat adalah
(a)-(b)-(c)
(a)-(c)-(d)
(b)-(c)-(d)
(b)-(c)-(e)
C
Pengelolaan kelas dengan menggunakan aplikasi tertentu saat ini semakin dinamis dan berkembang pesat, salah satu manfaatnya adalah
mendata kesulitan yang dimiliki siswa dan mengecek minat siswa
mengelola data pembelajaran dan merekam proses pembelajaran
memaknai pembelajaran sebagai proses internalisasi nila-nilai baik
mengontrol berbagai aktivitas pembelajaran dan melakukan penilaian
C
Bisa juga sahabat simak pemaparannya pembahasan soal latihan level 2 PembaTIK lewat video berikut.
Adapun sebagai gambaran seperti apa contoh tugas video best practices dapat disimak pada tayangan video berikut.
Sedangkan untuk contoh video pembelajarannya dapat melihat video yang sempat menjuarai ajang iFEST 2021 berikut.
Semoga bermanfaat ya sahabat...
0 Response to "Bedah Soal Tes Akhir Modul Level 2 Bimtek PembaTIK"
Post a Comment