Tutorial Membuat Soal/Kuis dengan Whats Auto

Di tengah panemi Covid-19 ternyata mampu mendorong motivasi guru dari yang sebelumnya tidak mau belajar IT sekarang jadi mau. Termasuk dengan admin sendiri, yang selama masa pandemi ini getol mengutak ngatik IT yang berhubungan dengan pembelajaran jarak jauh. Sebelumnya admin sudah pernah mencoba membuatkan tutorial dari pemanfaatan platform Xword-Generator dan ProProfs untuk membuat TTS dan WordSearch. Nah, kali ini admin akan berbagi tutorial cara untuk membuat soal/kuis dengan Whats Auto. Adapun langkah-langakahnya dapat dilihat pada poin-poin berikut.

Pertama

Siapkan terlebih dulu pertanyaan dan jawaban yang sudah jadi atau dapat diambil dari bank soal UH, UTS, dan UAS (ms.word).

Kedua

Login ke GoogleDrive dengan menggunakan akun gmail untuk membuat penyimpanan file baru dengan form Spreasheet.

Ketiga

Silahkan klik buat (+) dan pilih google spreaddsheet kemudian klik spreadsheet kosong.

Keempat (harus teliti perhatikan tahapan yang ini)

Buatlah keterangan dan perintah dengan menggunakan dua kolom A dan B serta ketikan yang ini.

A

B

PESAN MASUK

BALASAN

Assalamualaikum Pak Anggi (disesuaikan)

 

Walaikumsalam, Silahkan Kerjakan 10 Soal Latihan BAB 7 Materi Wawasan Nusantara Berikut! Untuk Memulai Mengerjakan Soal Silakan Ketik *Mulai* (disesuaikan kecuali yang bertanda bintang)

Mulai

 

Latihan materi PPKn Kelas X Bab 7 ini terdiri dari 10 soal. Silahkan dikerjakan dengan memperhatikan langkah berikut. Ketik nomor soal untuk mengerjakan soal, misalnya *1* dan jawablah dengan mengetik *1a*, *1b*, *1c*, *1d*, *1e* Selamat mengerjakan. (disesuaikan kecuali yang bertanda bintang)

 

Kelima

Copykan pertanyaan beserta jawabannya dari bank soal ms.word ke sreadsheet yang disediakan dari google drive dengan memperhatikan format sebagai berikut.

Silahkan copykan ini untuk keterangan pada jawaban benar atau salah.

*Benar*, silakan lanjut ketikkan soal berikutnya

*Salah*, silakan lanjut ketikkan soal berikutnya

Jika ada soal yang bergambar, silahkan upload terlebih dulu gambar/fotonya ke google drive kemudian copy urlnya dan pastekan ke spreadsheet kolom B sesuai no soal/optionnya. 

Kemudian save dan jangan lupa di rename (akan otomats tersave). Perlu diperhatikan, dalam pengisian option untuk bisa tetap dalam satu kolom dengan soal maka gunakan cara tekan Alt + Enter.

Keenam

Kita beralih ke android untuk menginstal aplikasi Whats Auto lewat Playstore.

Ketujuah

Lakukan penyettingan dengan memperhatikan runtutannya sebagai berikut.

Pilih RUMAH dan aktifkan jawaban otomatis

Isi teks balasan

Klik kotak empat yang ada di sebelah kanan rumah dan pilih spreasheet

Aktifkan spreadsheet dari MATI menjad DI

Klik singkronkan dan pilih akun gmail yang terkoneksi di google drive

Pilih spreadsheet yang sudah kita buat sebelumnya dan tunggu hingga tersingkron

Klik icon panah untuk kembali ke laman awal dan pilih KONTAK

Silahkan pilih jawaban otomatis sesuai kebutuhan semua orang, daftar kontak, atau group

Misalkan yang dipilih daftar kontak saya, maka kita harus memilih no wa tujuan dan cheklist

Penyetingan lewat aplikasi Whats Auto SELESAI.

Kedelapan

Eksekusi ke siswa, silahkan berikan petunjuk atau arahan pada siswa untuk bisa mengerjakan soal/kuis lewat whatsapp mereka dengan terlebih dulu mengetikan perintah pertama yang bapak/ibu telah masukan di PESAN MASUK dalam spreasheet google drive. Misalnya, untuk bisa memulai mengerjakan soal/kuis/ujian online via whats app silahkan kalian ketikkan “Assalamualaim Pak Anggi” tanpa tanda petik.

Nah, itu tadi Tutorial Membuat Soal/Kuis dengan Whats Auto yang bisa OmGuruGo bagikan ke Bapak/Ibu semoga bermanfaat ya. Perlu diperhatikan kembali, untuk setiap kali akan menggunakan dan membagikan kuis via wa ke siswa terlebih dulu Bpk/Ibu harus buka whatsauto dan mengaktifkan kembali jawaban otomatisnya.

Untuk bisa mendapatkan Spreadsheet jadi, silahkan hubungi kontak wa 081326914147. Jika sudah didapat silahkan masukan ke googledrive Bpk/Ibu dan tinggal edit petunjuk, soal dan jawaban tanpa keluar dari format yang ada. Setelah itu tinggal diupload saja ke akun google drive Bapak/Ibu Ya.

Panduan lengkap Membuat Soal/Kuis dengan Whats Auto dapat disimak pada tayangan video berikut.

Jika berkenan dan tidak keberatan, silahkan SUBSCRIBE channelnya ya dan share vieonya apabila itu bermanfaat. Terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Membuat Soal/Kuis dengan Whats Auto"