Cara Membuat TTS dan Word Search Online dengan ProProfs dan Menyematkannya ke Blog

GuruNgeBlog kembali hadir dihadapan para pembaca, pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah tentang tutorial Membuat TTS dan Word Search Online dengan ProProfs  dan Menyematkannya ke Blog, Sebagaimana pada tutorial sebelumnya, GuruNgeBlog pernah juga membagikan tutorial tentang membuat TTS dengan XWords-Generator, namun masih menemukan beberapa kekurangan seperti tidak adanya penskoran dan rekap koreksi otomatis.

Berbeda dengan TTS yang dibuat melalui ProProfs yang sudah ada pensokran otomatis di akhir pengerjaan dan adanya warning atau tanda pada setiap pengisian kolom yang dapat menunjukkan jawaban benar dan salah. TTS dari ProProfs ini setidaknya lebih lumayan dibandingkan dengan TTS yang dibuat dari XWords-Generator, meski keduanya sama-sama tidak mempunyai rekap otomatis yang dapat tersimpan di spreadsheet (google form). Selain itu, ProProfs juga mempunyai banyak pilihan game yang salah satunya adalah Word Search. Berikut GuruNgeBlog akan memaparkan langkah-langkah membuat TTS dan Word Search Online dengan ProProfs dan Menyematkannya ke Blog

Pertama
Kunjungi situs https://www.proprofs.com/games/login/ untuk mendaftar atau login terlebih dulu dengan menggunakan akun gmail atau media sosial seperti fb dan twitter.

Kedua
Pilih dan klik Crossword dan klik Create Crossword.
Ketiga
Setelah masuk ke laman kerja, silahkan untuk mengisikan judul pada kolom bagian atas, deskripsi pada bagian di bawahnya, dan langsung ketikan atau pastekan jawaban (word) dan pertanyaannya (hint) dari bank soal yang sudah disiapkan sebelumnya di ms.word maupun noteped. Perlu diperhatikan, untuk bagian hint gunakan hanya dengan satu kata. Apabila ada dua kata atau tiga kata jawaban maka ketikan tanpa menggunkan spasi pada kolom hint.

Keempat
Klik Add more word dengan icon (+) untuk menambahkan jawaban dan soal.

Kelima
Pilih dan klik Create My Game, kemudian coba Play CrossWord.
Keenam
Share link TTS tersebut ke media sosial dengan cara klik icon medsos yang ada di seblah kiri tampilan TTS atau copy url yang ada pada kolom search google di atas dan bagikan ke wa group atau kelas online lainnya (Moodle dan Google Classroom)

Ketujuh
Sematkan TTS pada blog dengan cara, klik Embed </> dan copy htmlnya ke postingan blog.
Kedelapan
Buka blog, pilih Entri Baru dan pastekan code Embed tadi ke postingan blog pada bagian HTML lalu publish.
Kesembilan
Lakukan langkah-langkah yang sama dengan pemilihan awal langsung ke Word Share untuk bisa membuat cari kata melalui ProProfs.

Kesepuluh
Selamat, Anda telah berhasil membuat TTS dan Word Search Online dengan ProProfs dan Menyematkannya ke Blog. Silahkan cek hasil TTS dan Word Search yang sudah admin buat disini.

Demikian tutorial dari GuruNgeBlog tentang bagaimana Cara Membuat TTS dan Word Search Online dengan ProProfs dan Menyematkannya ke Blog, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat TTS dan Word Search Online dengan ProProfs dan Menyematkannya ke Blog"

smapong_ppkn said...

Bapak Ijin tanya untuk Tutorial TTS Crosswodnya, cara menyembunyikan ikon printernya gimana ya, soalnya kl diklik ikon printernya akan muncul kunci jawabannya sehingga akan mengurangi makna penilaiannya. Makasih solusinya