Membuat Biodata Siswa dan Token di Google Form (Bagian 1)

Sebelum kita ke tutorial Membuat Soal di Google Form, sedikit saya akan mengenalkan apa itu Google Form. Google formulir atau google form merupakan sebuah inovasi dari google di era modern untuk memberikan kemudahan dalam akses data elektronik. Google form ini adalah sebuah google app yang terhubung langsung dengan Google Drive juga dilengkapi dengan Spreadsheets. Sehingga pengguna dapat melihat ringkasan tanggapan secara otomatis. Lalu apa kegunaan google form dalam proses pembelajaran? Google form dalam proses pembelajaran dapat digunakan untuk mengevaluasi proses pembelajaran baik secara pre test maupun post test, dapat membuat absensi siswa, dan membuat kuesioner untuk penelitian.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan google form untuk membuat soal essay dan pilihan ganda untuk mengevaluasi hasil dari proses pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Dengan google form ini, kita bisa memberikan tugas belajar siswa di rumah dengan tetap bekerja dari rumah sesuai anjuran dari pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran virus Corona/COVID-19.

  • Login ke Google Drive melalui akun Google.
  • Klik (+ Baru), pilih Lainnya, pilih Google formulir, pilih dan klik Formulir kosong.
  • Isikan kolom Formulir Tanpa Judul dengan keterangan “Soal Ulangan” misalnya. Jika diperlukan, silahkan isikan juga Deskripsi formulirnya dengan keterangan lain.
  • Pada kolom Pertanyaan Tanpa Judul tuliskan “Nama Siswa” di sebelahnya ganti dengan Jawaban Singkat dan klik aktifkan Wajib Diisi. Kemudian klik Duplikat (berada di samping kiri icon tong sampah).
  • Isikan kolom dengan tulisan “Kelas” di sebelahnya piih Drop-Down, kemudian dibagian opsinya tuliskan kelasnya berurutan ke bawah (bisa tambahkan opsi untuk menambah kelas), misal: Kelas XI IPA dan XI IPS. Jangan lupa klik aktifkan Wajib Diisi.
  • Setelah itu kita buatkan TOKENnya, dengan klik icon (+) yang ada pada bagian sisi paling kanan.
  • Isikan kolom pertanyaan dengan tulisan “Token/Password”, di sebelahnya pilih Jawaban Singkat dan lupa klik aktifkan Wajib Diisi.
  • Tampilkan Validasi Respon dengan mengklik Titik Tiga yang ada dibagian pojok kanan bawah.
  • Ganti Angka dengan “Teks”, sebelah kananya tetap pilih “Berisi”, pada klom teks yang kosong masukan “kode token” (misal; ppkn11), dan di kolom sebelahnya tuliskan keterangan “Maaf token Anda SALAH!” Ini akan muncul apabila siswa salah memasukan kode tokennya.
  • Bagian pertama sudah berhasil dibuat, berikutnya masuk pada bagian kedua yaitu Lembar Soal.

Silahkan simak video tutorial Membuat Biodata Siswa dan Token di Google Form dibawah ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Biodata Siswa dan Token di Google Form (Bagian 1)"