TIPS DAN TRIK MENGERJAKAN SOAL-SOAL TKD CPNS DENGAN SISTEM CAT TAHUN 2019

Hallo sobat PKnPedia, kali ini admin akan berbagi tips dan trik dalam mengerjakan soal-soal TKD CPNS dengan sistem CAT. Sejak minggu terakhir bulan Oktober sampai sekarang sudah ada beberapa instansi, lembaga, ataupun daerah yang sudah melaksanakan seleksi. Namun, masih banyak peserta yang belum mencapai passing grade (PG). 
Perlu diketahui oleh semuanya, untuk bisa lolos dari TKD ini yang pertama kalian harus mampu mencapai PG untuk; TWK (75 minimal 15 soal benar), TIU (80 minimal 16 soal benar), TKP (143 minimal 29 soal benar). Kemudian yang kedua, total nilai harus mencapai nilai maksimal. Karena, mencapai nilai PG (TWK, TIU, dan TKP) belum tentu akan meluluskan kalian dari TKD dan berlanjut ke SKB. Bagi yang telah mencapai nilai PG, aka nada perengkingan lagi untuk melanjut ke SKB. Misalnya, jika kuota formasi hanya 5 berarti 3x5 = 15 orang saja yang akan diberi kesempatan untuk berlanjut ke tes berikutnya. Jadi, kalau nilainya pas-pasan dengan total yang pas-pasan juga, apalagi ada yang tidak mencapai PG meskipun totalnya tinggi maka kecil kemungkinan untuk lolos dari TKD.

Berikut admin PKnPedia bagikan tips and triknya.
1. Berdoa dan Rileks
Sebelum waktu ujian dimulai sebaiknya awali dulu dengan berdoa supaya diberikan kelancaran saat menjawab soal-soal yang disajikan lewat sistem CAT. Kemudian, buatlah diri kita serileks mungkin sehingga dapat membuat fikiran kita menjadi tenang dan bisa fokus untuk mengerjakan soal-soal TKD.

2. Manajemen Waktu
Kerjakan Soal yang Termudah (TKP). Saat waktu ujian sudah dimulai, pastikan mengerjakan soal yang menurut kita mudah untuk dikerjakan. Bisa dimulai dengan mengerjakan TKP terlebih dulu, biasanya ada dari no 66-100. Soal TKP ini bisa kita bilang gampang-gampang susah juga, pasalnya pada tes tahun ini banyak yang tidak lolos gara-gara nilai PG dari TKP kurang. Ditambah lagi, di tahun ini nilai PG TKP dinaikan dari 126 menjadi 143. Lalu apa triknya untuk bisa menjawab soal-soal TKP supaya bisa mencapai nilai PG. Mau tidak mau, disini kita harus menjadi orang “munafik” dulu biar bisa mencapai nilai PG. Selain itu, usahakan dalam mengerjakan TKP jangan terlalu lama membaca soal. Cukup sekali baca tapi harus fokus, jika belum menemukan jawaban yang paling benar lewati dulu dan kerjakan soal berikutnya.

Kerjakan Soal yang Berdasarkan Ilmu Pasti dan Tidak Menghitung. Setelah mengerjakan TKP boleh lanjut ke TWK. Bilamana ada beberapa soal TKP yang belum terisi lewati dulu. Tips dan trik dalam mengerjakan TWK juga sama dengan cara mengerjakan TKP. Baca sekali, jika belum menemukan jawabannya lanjut dulu ke soal berikutnya. 

Kerjakan Soal TIU. Dahulukan mengerjakan soal Bahasa Indonesia seperti sinonim, antonim, silogisme, padanan kata, baru kemudian ke soal hitung-hitungan/matematika. Untuk matematika utamakan mengutamakan soal deret angka baru ke numerik, dan soal bercerita.

3. Siapkan Catatan
Ini juga penting untuk kita siapkan, kertas dan pena. Gunanya untuk mencatat beberapa soal yang tidak bisa dikerjakan atau yang belum dikerjakan agar ketika masih ada waktu yang tersisa bisa kembali mengerjakan soal tersebut. Sekaligus bisa sebagai penanda atau pengingat.

4. Klik Selesai
Jangan lupa, setelah benar-benar kita menyelesaikan semua soal dan sudah dicek ulang langsung klik SELESAI. Supaya nilainya bisa terekam dalam sistem.
Itu saja yang bisa admin PKnPedia share terkait tips dan trik dalam mengerjakan soal-soal TKD CPNS dengan sistem CAT berdasarkan pengalaman sewaktu mengikuti TES CPNS Guru Garis Depan tahun 2016 lalu. Semoga dapat bermanfaat. (MasAnggi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS DAN TRIK MENGERJAKAN SOAL-SOAL TKD CPNS DENGAN SISTEM CAT TAHUN 2019"