Guru Zaman Now Go Blog

Oleh: Anggi Perdana, S.Pd.Gr.
Pelatihan blog di pendopo Indramayu
Perkembangan zaman kian semakin maju begitupun dengan teknologi yang terus - menerus akan selalu berkembang. Terlebih lagi di era industri 4.0 seperti sekarang ini, sebenarnya sudah mengharuskan kita semua terutama para guru untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet dalam pembelajaran. Ini merupakan sebuah tantangan di zaman now yang harus dihadapi oleh semua guru. Oleh karena itu, perlu kiranya para guru zaman now ini untuk bisa mengupgrade kompetensi diri dan mengupdate ilmu - ilmu baru guna menciptakan proses pembelajaran yang bermutu, menarik, fleksibel, menyenangkan dan memotivasi siswa.
Pelatihan blog di pendopo Indramayu
Bukan tanpa alasan, dengan menjadi guru yang update dengan perkembangan teknologi dan penggunaan internet akan mampu menghasillkan metode-metode baru yang efektif dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa dalam mata pelajaran PPKn/PKn.
Kopdar dengan para pemenang lomba blogger Cirebon
Blog merupakan salah satu media online yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk berbagi informasi, ilmu pengetahuan, pengalaman, dan sebagai media pembelajaran. 
Salah satu akun blog pembelajaran Pak Anggi
Sebagaimana blog omgurugo dan mediapknonline yang dikelola oleh Anggi Perdana, S.Pd., di dalamnya memuat berbagai konten, salah satunya; materi atau media pembelajaran PPKn/PKn.

Mengapa guru zaman now harus go blog?
  • Pembuatannya Mudah
Cara membuat blog itu mudah, cukup dengan memiliki akun email maka secara otomatis akan bisa langsung terkoneksi dengan blog.
  • Mudah Diedit
Selain mudah dibuat, blog juga mudah diedit. Jika sewaktu-waktu kita bosan dengan tampilan blog yang kita miliki bisa dengan mudah mengganti template yang diinginkan. Begitupun dengan isi kontennya, jika ada kekeliruan dalam artikel yang kita buat maka bisa langsung diperbaiki.
  • Tampilannya Simple
Blog yang sudah dibuat kemudian tinggal kita olah sesuai keinginan dengan memilih dan mendasain templatenya. Memilih dan mendasain template bertujuan untuk mempercantik penampilan blog supaya tampil elegan dan enak dilihat oleh para pembaca. Usahakan pilih template yang simple sehingga memudahkan pembaca untuk bisa menikmati artikel-artikel yang disajikan dalam blog. Silahkan klik (disini) untuk mengunduh template responsif dengan tampilan menarik.
  • Isinya Komplit (All in One)
Blog selain tampilannya simple juga isi kontennya komplit. Dalam satu blog bisa diisi dengan berbagai konten seperti; artikel pembelajaran, modul pembelajaran, media PPT, ebook, kuis interaktif, perangkat pembelajaran, dan mp3/video pembelajaran.
  • Tambahan Sumber Penghasilan
Selain blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bisa juga dijadikan sebagai sumber penghasilan. Caranya, daftarkan blog yang kita miliki ke google AdSense.
Pemenang lomba blog di Hotel Metland Cirebon
Nah, itu tadi beberapa keuntungan yang akan kita peroleh dengan memanfaatkan blog. Selain dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran juga dapat dijadikan sebagai tambahan sumber penghasilan dengan didaftarkan ke google AdSense. 
Sertifikat pelatihan blog bersama Seeamolec
Jadi, sekarang sudah tahu kan kenapa guru zaman now harus go blog. Guru zaman now harus senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dan update informasi. Guru zaman now juga harus mampu membuka diri dan mau terus belajar untuk bisa menjawab tantangan di era industri 4.0.
Sertifikat pelatihan blog bersama IGI
Perlunya seorang guru mempunyai blog adalah sebagai media yang sangat membantu disamping untuk menambah wawasan sekaligus eksistensi diri.
Sertifikat pelatihan blog bersama Om Jay
Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh guru blogger yakni harus bisa memanfaatkan blog dengan bijak dengan tidak membuat atau menyebar artikel maupun berita hoax dan juga serius dalam mengembangkan blog pembelajaran guna tercapainya pendidikan yang berkualitas serta proses pembelajaran yang tidak monoton.
Keanggotaan PGRI
Lalu, dimana peran PGRI?
PGRI merupakan salah satu organisasi profesi yang beranggotakan guru-guru se-Indonesia. Peran PGRI dalam hal ini adalah mewadahi dan memfasilitasi guru-guru dalam meningkatkan keprofesionalan serta kompetensi dalam bidangnya. Salah satunya bisa melalui pelatihan atau seminar, baik secara tatap muka maupun online.

Om Jay sebagai salah satu anggota PGRI dan pejuang TIK sering menjadi narasumber di beberapa mengadakan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh lembaga-lembaga terkait. Pada salah satu kesempatan, saya pun pernah mengikuti pelatihan yang saat itu Om Jay sebagai narasumbernya.

Nah, dari pelatihan itu akhirnya saya berhasil mengembangkan blog pembelajaran 'omgurugo' dan 'mediapknonline'. Di dalam akun blog tersebut saya sematkan konten khusus tentang belajar ngeblog.

Jika rekan-rekan guru yang tergabung dalam PGRI ingin belajar ngeblog dan mendapatkan info-info terupdate seputar guru silahkan boleh berkunjung ke GURU BELAJAR NGEBLOG dan SEJUTAGURU.
PGRI GGD II bersama Wagub KEPRI

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Guru Zaman Now Go Blog"

igikepri said...

Saya setuju sekali bahwa guru berafiliasi menjadi Guru jaman now yang berselancar di dunia maya, sambil mengembangkan pengetahuan & juga berbagi bersama guru lainnya.

Anonymous said...

Sangat setuju bagi kita para pendidik yang ada di zaman now ini harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

Afrinaldy said...

Sudah seharusnya guru zaman now kenal dunia digital, biar paperless & bumi kita pun mengurangi penggunaan kertas

Wijaya kusumah said...

mantap