Pembelajaran PPKn Menjadi Menyenangkan dengan Media Mind Map

Oleh: Anggi Perdana, S.Pd.

Pelajaran PPKn adalah salah satu pelajaran yang menekankan aspek kognitif dan afektif pada siswa. Menjadi harapan setiap guru agar selama proses pembelajaran siswa bisa aktif dalam pembelajaran. Namun dalam praktek di lapangan masih banyak guru PPKn yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Hal ini berakibat banyak siswa yang pada saat pembelajaran PPKn tidak memperhatikan pelajaran entah karena bosan, mengantuk, apalagi pada jam-jam pelajaran siang.

Mengatasi hal ini ada baiknya guru-guru PPKn (atau guru bidang sosial lainnya) mulai menerapkan metode pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Siswa kita jadikan subyek bukan obyek, sehingga mereka merasa “dibutuhkan” selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang telah saya lakukan adalah dengan menggunakan media mind map (peta konsep).

Peta konsep merupakan media pendidikan yang bertujuan untuk membangun pengetahuan siswa dalam belajar secara sistematis, yaitu sebagai teknik untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam penguasaan konsep belajar dan pemecahan masalah (Pandley, dkk., 1994). Langkah yang dilakukan dalam membuat peta konsep adalah dengan memikirkan apa yang menjadi ‘pusat’ topik yang akan diajarkan, yaitu sesuatu yang dianggap sebagai konsep inti. Dari konsep inti dibuat cabang-cabang, kemudian menuliskan kata atau istilah, kelompok kata yang memiliki arti, yaitu yang mempunyai hubungan dengan konsep inti, sehingga akhirnya membentuk satu peta hubungan integral dan saling terkait antara konsep atas–bawah–samping (Nakhleh, 1994). 

Peta konsep kemudian dikembangkan menjadi Mind Map yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Media ini dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran, salah satunya PPKn/PKn.

Pembelajaran PPKn dengan mind map ini pernah saya gunakan saat PPL PPG SM-3T di SMA Negeri 1 Godean. Hasilnya cukup baik, sebagian besar siswa terlibat aktif dalam pembuatan mind map tersebut. Adapun langkah-langkah kerja yang  dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Membentuk 6 kelompok (setiap kelompok 5 – 6 siswa)
  • Setiap kelompok mempersiapkan bahan-bahan seperti; buku referensi, spidol warna, kertas karton, double tip, lem, dan lainnya
  • Setiap kelompok membuat mind map (peta konsep) sesuai dengan materi yang sedang diajarkan
  • Setiap kelompok mempresentasikan peta pemikiran yang telah dibuat di depan kelas
Berikut contoh Mind Map hasil karya siswa dalam pembahasan materi mapel PPKn.















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembelajaran PPKn Menjadi Menyenangkan dengan Media Mind Map"