Pembelajaran PKn Menjadi Menyenangkan dengan Menggunakan Media CivicsMonopoly HAM

Oleh: Anggi Perdana, S.Pd.

(dok. pribadi)

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran pokok sebagaimana terkandung dalam Pasal 37 Ayat (1) UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 dinyatakan “bahwa Pendidikan dasar dan menengah wajib memuat Pendidikan Kewarganegaraan.” Bahkan kurikulum di perguruan tinggi juga wajib memuat PKn.

Mata pelajaran PKn yang diajarkan sejak kita SD sampai bangku kuliah harusnya bisa membuat kita menyenangi mata pelajaran tersebut. Namun pada kenyataannya tidak sedikit yang beranggapan dan merasakan bahwa mata pelajaran PKn membosankan. Sewaktu di bangku sekolah saya juga merasakan demikian. Ketika pergantian jam pelajaran dari pelajaran eksak ke ilmu sosial termasuk PKn seketika suasana kelas menjadi redup. Antusias siswa dalam mengikuti pelajaran PKn masih sangat rendah dibandingkan dengan mata pelajaran eksak.

Hal serupa juga kadang terlihat dari antusias siswa didikan saya, pada saat mengikuti pembelajaran PKn. Tidak sedikit dari mereka mengatakan bahwa pelajaran ilmu sosial termasuk PKn membosankan, membuat ngantuk, tidak semangat, monoton, dan tidak jelas materinya.

Penyampaian materi pelajaran termasuk PKn kepada siswa membutuhkan perantara yaitu guru. Dalam hal ini peran guru sangatlah penting karena keterserapan materi pelajaran oleh siswa tergantung bagaimana guru menggunakan strategi mengajarnya.

Permasalahan yang sesungguhnya bukan terletak pada mata pelajarannya melainkan terletak pada gurunya. Maka dari itu, seorang guru yang profesional harus memiliki kreativitas dan inovasi dalam pengembangan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa.

Media yang sudah saya kembangkan dan gunakan sebagai penunjang pembelajaran PKn yaitu CivicsMonopoly “HAM”. Pengembangan CivicsMonopoly “HAM” terinspirasi dari permainan monopoly.
(dok. pribadi/papan monopoly "HAM")
Tujuannya untuk mengenalkan kepada siswa bahwa mata pelajaran PKn juga dapat disampaikan melalui media permainan yang menyenangkan berbasis edukasi. Tujuan lainnya agar siswa tertarik, bersemangat, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mempelajari materi PKn sehingga tercipta suasana belajar yang aktif, kreatif, menarik dan menyenangkan. Selain itu, untuk memperkenalkan kepada siswa tentang HAM dalam bingkai 4 (empat) Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
(dok. pribadi/pembelajaran)
CivicsMonopoly “HAM” ini masuk kedalam kategori artikel terbaik dalam Lomba Guru Berani Menginspirasi "Penggunaan Alat Bantu Ajar (Non-Digital) di Kelas yang diselenggarakan oleh ERLANGGA pada akhir tahun 2016 lalu.

Perolehan ini tidak terlepas dari adanya dukungan semua pihak, khususnya untuk siswa/i SMK Seni Indramayu. Salam Maju Bersama! (Cek kumpulan Media BoardGame PPKn)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pembelajaran PKn Menjadi Menyenangkan dengan Menggunakan Media CivicsMonopoly HAM"

Belajar PPKn said...

Trimakasih atas tawarannya, semoga nanti bisa bekerjasama