Jogja Punya Gumuk Pasir, di Bintan ada Gurun Pasir!

Mendengar kata Jogja mungkin sudah sangat familiar di telinga, khususnya bagi para mahasiswa dan pelajar. Namanya juga kota pelajar ya, pastinya sudah banyak yang kenal Jogja dong. Jogja juga terkenal dengan kulinerannya, ada mbakpia, gudeg, sate klayak, kopi jos yang ini biasanya disajikan di angkringan (tempat makan khas). Selain itu, Jogja juga ternyata memiliki banyak tempat wisata lho dan ada salah satu tempatnya yang mempunyai keunikan tersendiri seperti di Gumuk Pasir Bantul.
Gumuk pasir ini satu-satunya tempat di Indonesia yang mempunyai hamparan pasir cukup luas, letaknya ada di dekat Pantai Depok/Parangtritis Bantul DIY. Ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh salah satu tempat wisata yang ada di DIY. Kalau kalian masuk ke area Gumuk Pasir, nanti akan menemukan replika ka’bah dan gedung museum yang akan memberikan pemahan tentang bagaimana terjadinya gumuk pasir di area tersebut.

Nah, kalau di Jogja ada Gumuk Pasir di Bintan Provinsi Kepulauan Riau ada Gurun Pasir. Mak Beti pernah juga shooting disini loh sama Bang Kevin dalam acara Ekspedisi SEGARIS Episode 3. Gurun pasir ini lokasinya ada di Panglong, Bintan. Gurun pasir ini tidak terbentuk secara alami sebagimana yang terjadi di gumuk pasir ya, melainkan bekas galian tambang bouxit pada jaman Belanda. Cuman setelah mencapai kedalaman maksimum, penggalian di wilayah ini distop. Sekarang area bekas tambang tersebut dikelola menjadi salah tempat wisata Gurun Pasir. 

Disana kalian akan melihat hamparan gulungan gunungan yang tandus mirip di gurun. Terdapat juga beberapa miniatur yang disajikan disana, seperti replica onta, rangkaian bunga, dan lainnya. Katanya sih disekitar area itu ada danaunya juga, tapi saya belum sempat nengok juga ke danaunya. Kalian kalau mau berkunjung kesana jangan tengah hari ya, panas loh. Spotnya bagus-bagus ko kalau ada yang suka jeprat-jepret, buat video juga okelah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jogja Punya Gumuk Pasir, di Bintan ada Gurun Pasir!"